STUDI TENTANG PENGELOLAAN PEGAWAI HONORER PADA PEMERINTAH DAERAH KOTA SAMARINDA (Sry Reski Mulka)

February 28, 2015
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: ,
On: Feb 28, 2015 @ 1:53 PM
IP: 61.94.85.124

  • 1. Title [Judul]: STUDI TENTANG PENGELOLAAN PEGAWAI HONORER PADA PEMERINTAH DAERAH KOTA SAMARINDA
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Sry Reski Mulka
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: pengelolaan, pegawai honorer, PTTB, PTTH, Kota Samarinda
  • 4. Description [Abstrak] : Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis serta mendeskripsikan sejarah perkembangan pegawai honorer, mekanisme pelaksanaan rekrutmen pegawai honorer, kemudian pola-pola pengelolaan pegawai honorer, serta tingkat kesejahteraan pegawai honorer dan tanggung jawab pemerintah daerah Kota Samarinda terhadap masa depan pegawai honorer.
    Penelitian ini dilaksanakan di Kota Samarinda. Pengumpulan data yang dilakukan penelitian kepustakaan dan penelitian lapangan dengan menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data-data kemudian akan dianalisis secara deskriptif kualitatif. Dengan mendasarkan data yang ada, penulis berupa menggambarkan secara sistematis, faktual dan akurat mengenai fakta-fakta, sifat-sifat serta hubungan antar fenomena yang ada.
    Hasil penelitian menunjukkan bahwa keadaan pegawai honorer sekarang semakin dihargai keberadaanya, eksistensi pegawai honorer telah diakui secara formal dalam UU No. 43 tahun 1999, tetapi hingga saat ini belum ada peraturan secara khusus yang dikeluarkan oleh pemerintah Kota Samarinda mengenai ketentuan pegawai honorer. Dalam mekanisme rekrutmen secara umum hanya dilakukan satu tahapan dalam proses seleksi serta kriteria calon pegawai honorer berdasarkan pada kebutuhan. Masih terdapatnya perekrutan pegawai honorer setelah ditetapkannya PP No. 48 Tahun 2005. Kemudian dapat diketahui pola-pola yang terjadi yaitu pola pengelolaan Pegawai Tidak Tetap Bulanan (PTTB) dan pola pengelolaan Pegawai Tidak Tetap Harian (PTTH). Selanjutnya gaji pegawai honorer jauh dibawah Upah Minimun Kota (UMK) sehingga mengakibatkan masih rendahnya tingkat kesejahteraan pegawai honorer di Kota Samarinda dan upaya yang dilakukan oleh pemerintah terkait dengan tanggung jawab pemerintah terhadap masa depan pegawai honorer belum berjalan secara efektif.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Ilmu Pemerintahan
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Dr. Phil. I Ketut Gunawan, M.A & Dr. Erwin Resmawan, M.Si
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 28 Februari 2015
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: Artikel

Loading

Print Friendly, PDF & Email