PERAN BADAN PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DAN PEMERINTAHAN DESA DALAM MEWUJUDKAN DESA MANDIRI (Studi Desa Bendang Raya Kecamatan Tenggarong Kabupaten KutaiKartanegara) (M. Firmansyah)

December 3, 2014
Filed under: Data Portal Mahasiswa S2 

Data Portal Mahasiswa S2

Submitted by: ,
On: Dec 3, 2014 @ 3:12 PM
IP: 36.82.216.135

  • 1. Title [Judul]: PERAN BADAN PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DAN PEMERINTAHAN DESA DALAM MEWUJUDKAN DESA MANDIRI (Studi Desa Bendang Raya Kecamatan Tenggarong Kabupaten KutaiKartanegara)
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: M. Firmansyah
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Peran BAPEMAS DAN PEMDES, Pemberdayaan aparatur, Desa Mandiri.
  • 4. Description [Abstrak] : Tujuan penelitian ini adalah : 1)Untuk mengetahui seberapa jauh peran Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa dalam mewujudkan Desa Mandiri di Desa Bendang Raya di Kecamatan Tenggarong Kabupaten KutaiKartanegara. 2) Menemukan Faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanan program desa mandiri tersebut. Analisis data yang digunakan adalah analisis model interaktif seperti yang dikembangkan oleh Miles danHuberman (1992:176). Hasil Penelitian adalah : 1) Bahwa Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa sudah melaksanakan perannya sebagaimana termuat pada Peraturan Bupati Nomor 31 Tahun 2012 Tentang Mekanisme Pelaksanaan Program Desa Mandiri yaitu sebagai Tim Koordinasi, monitoring evaluasi dan pengendalian Program Desa Mandiri Kabupaten Kutai Kartanegara 2)Realisasi Program ataukegiatan yang direncanakan didalam mewujudakan Desa Mandiri oleh Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa sudah terlaksana 100% sesuai dengan indicator yang terlampir pada Peraturan Bupati Nomor 31 Tahun 2012 Tentang Mekanisme Pelaksanaan Program Desa Mandiri. Selanjutnya untuk factor pendukung oleh Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa didalam pelaksanaan Program Desa Mandiri adalah tersedianya anggaran atau dana didalam pelaksanaan Program Desa Mandiri. Sedangkan untuk Faktor penghambat adalah kurangnya pemahaman aparatur desa didalam menyambut pelaksanaan Program Desa Mandiri sehingga didalam percepatan pembangunan baik dari segi inprastruktur maupun perekonomian didesa menjadi terhambat.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Prrogram Magister Ilmu Administrasi Negara (MIAN)
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.]: Dr. HM. Jamal Amin, MS dan Dr. Bambang Irawan, M.Si
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 03/12/2014
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: Artikel Jurnal

Loading

Print Friendly, PDF & Email