PERAN KEPALA DESA DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI KERJA PEGAWAI DI KANTOR DESA MARGA MULIA KECAMATAN KONGBENG KABUPATEN KUTAI TIMUR (Nopianty)

November 28, 2014
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: ,
On: Nov 28, 2014 @ 10:30 AM
IP: 110.136.192.111

  • 1. Title [Judul]: PERAN KEPALA DESA DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI KERJA PEGAWAI DI KANTOR DESA MARGA MULIA KECAMATAN KONGBENG KABUPATEN KUTAI TIMUR
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Nopianty
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Peran, Kepala Desa, Motivasi Kerja
  • 4. Description [Abstrak] : Nopianty, Peran Kepala Desa Dalam Meningkatkan Motivasi Kerja Pegawai Di Kantor Desa Marga Mulia Kecamatan Kongbeng Kabupaten Kutai Timur. Dibawah bimbingan Bapak Drs. Endang Erawan, M. Si dan Ibu Dini Zulfiani, S.Sos.
    Tujuan dari penelitian untuk mengetahui Peran Kepala Desa Dalam Meningkatkan Motivasi Kerja Pegawai Di Kantor Desa Marga Mulia Kecamatan Kongbeng Kabupaten Kutai Timur dan mengetahui faktor-faktor apa saja yang menjadi hambatan Kepala Desa dalam meningkatkan motivasi kerja pegawai di Kantor Desa Marga Mulia Kecamatan Kongbeng Kabupaten Kutai Timur.
    Teknik pengumpulan data menggunakan tiga cara yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data yang digunakan yaitu teknik Purposive Sampling. Sementara fokus penelitian ini adalah : 1. Peran Kepala Desa dalam meningkatkan motivasi kerja yang meliputi : a. Kepala Desa sebagai Fasilitator, b. Kepala Desa sebagai Artikulator, c. Kepala Desa sebagai Motivator, dan 2. Faktor-faktor penghambat Kepala Desa dalam meningkatkan Motivasi Kerja Pegawai di Kantor Desa Marga Mulia Kecamatan Kongbeng Kabupaten Kutai Timur.
    Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa Kepala Desa Marga Mulia kecamatan Kongbeng melaksanakan perannya sebagai Fasilitator (Pemecahan Masalah) dengan cara mampu menampung pengaduan bawahannya, mampu mencari pemecahan atas masalah-masalah yang ada, selalu melibatkan pegawai dalam setiap pengambilan keputusan serta memfasilitasi kebutuhan yang diperlukan pegawai guna menunjang kegiatan kerja, sebagai artikulator yaitu yang mampu menyerap serta menyampaikan aspirasi bawahannya, sebagai motivator dengan memberikan motivasi kepada pegawai, serta mengatur suasana fisik dan suasana kerja. Faktor-faktor yang menjadi penghambat Kepala Desa dalam meningkatkan motivasi kerja pegawai adalah Kepala Desa sebagai motivator yaitu Kepala Desa kurang memahami sifat dan karakter pegawainya serta kurangnya disiplin kerja pegawai.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Ilmu Administrasi Negara
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Drs. Endang Erawan, M.Si & Dini Zulfiani, S. Sos
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 28 November 2014
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: Artikel

Loading

Print Friendly, PDF & Email