PENERAPAN PRINSIP-PRINSIP GOOD GOVERNANCE DI KANTOR KELURAHAN TELUK LERONG ULU KOTA SAMARINDA (PRACAHAYA PRADANA PUTRA)

October 20, 2014
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: ,
On: Oct 20, 2014 @ 1:44 PM
IP: 36.83.34.0

  • 1. Title [Judul]: PENERAPAN PRINSIP-PRINSIP GOOD GOVERNANCE DI KANTOR KELURAHAN TELUK LERONG ULU KOTA SAMARINDA
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: PRACAHAYA PRADANA PUTRA
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Good Governance, Kelurahan.
  • 4. Description [Abstrak] : Pracahaya Pradana Putra,“Penerapan Prinsip-prinsip Good Governance di Kantor Kelurahan Teluk Lerong Ulu Kota Samarinda”, dibawah bimbingan yang saya hormati Ibu Dr. Fajar Apriani, S.Sos., M.Si selaku Dosen Pembimbing I dan Ibu Santi Rande, S.Sos., M.Si selaku Dosen Pembimbing II. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan prinsip-prinsip good governance di Kantor Kelurahan Teluk Lerong Ulu Kota Samarinda dan untuk menganalisis faktor-faktor penghambatnya.
    Fokus penelitian yang meliputi penerapan prinsip-prinsip good governance yakni prinsip transparansi, prinsip visi strategis, prinsip responsif, dan faktor penghambat di Kantor Kelurahan Teluk Lerong Ulu Kota Samarinda dalam penyelenggaraan pembangunan. Sumber data dalam penelitian ini dibagi dalam dua bentuk data yaitu data primer yang sumber datanya diperoleh dari pihak yang menjadi sumber informasi yakni key informant dan informan lainnya, dan data sekunder yang sumber datanya didapat dari sumber bacaan seperti monografi kelurahan, profil kelurahan, dan lain-lain. Dalam penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data dengan melakukan penelitian pustaka dan penelitian lapangan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Alat analisis yang digunakan adalah Analisis Data Kualitatif Model Interaktif dari Miles dan Huberman.
    Hasil dari penelitian yang telah dilakukan, bahwa Kantor Kelurahan Teluk Lerong Ulu Kota Samarinda belum sepenuhnya melaksanakan prinsip-prinsip good governance dalam penyelenggaraan pembangunan Kota Samarinda. Melalui penelitian yang dilakukan dengan proses observasi, wawancara, dan dokumentasi. Masih terdapat kendala dalam hal penerapan prinsip good governance pada penyelenggaraan pembangunan. Sebagian besar hal ini disebabkan karena kurangnya kewenangan yang dimiliki kelurahan dalam penyelenggaraan program pembangunan yang terselenggara dan kurang optimalnya hubungan sinergi interaksi dalam kolaborasi antara pemerintah kelurahan, pihak perusahaan swasta, dan masyarakat.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Ilmu Administrasi Negara
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Dr. Fajar Apriani, S.Sos, M.Si & Santi Rande, S.Sos, M.Si
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 20 Oktober 2014
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: Artikel

Loading

Print Friendly, PDF & Email