KINERJA APARATUR PEMERINTAH DALAM PROGRAM GERBANG RAJA DI KECAMATAN SAMBOJA KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA (Ruslan Agus)

October 3, 2014
Filed under: Data Portal Mahasiswa S2 

Data Portal Mahasiswa S2

Submitted by: ,
On: Oct 3, 2014 @ 9:49 AM
IP: 36.75.46.27

  • 1. Title [Judul]: KINERJA APARATUR PEMERINTAH DALAM PROGRAM GERBANG RAJA DI KECAMATAN SAMBOJA KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Ruslan Agus
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Kinerja, Gerbang Raja, Aparatur.
  • 4. Description [Abstrak] : Tujuan dari penelitian ini : 1) Untuk menganalisis kinerja aparatur pemerintah dalam Program Gerbang Raja di Kecamatan Samboja, 2) Untuk menganalisis implementasi Program Gerbang Raja di Kecamatan Samboja, dan 3) Untuk menganalisis faktor yang mendukung dan menghambat kinerja aparatur pemerintah dalam Program Gerbang Raja di Kecamatan Samboja.
    Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, data primer bersumber dari Sekretaris Camat Samboja dan para pegawainya selaku informan beserta data sekunder yang bersumber dari berbagai dokumen dan literatur. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dan observasi. Teknik analisa data yang dipergunakan adalah model interaktif.
    Dari penelitian ini diketahui bahwa : kinerja aparatur pemerintah dalam Program Gerbang Raja di Kecamatan Samboja secara akumulatif telah dilaksanakan sesuai dengan visi misi yang telah ditetapkan, namun belum dapat berjalan secara optimal. Secara substansi, kemampuan kerja aparatur pemerintah Kecamatan Samboja telah cukup baik, namun kompetensinya masih perlu ditingkatkan menuju tingkat pendidikan formal yang lebih tinggi dan memperoleh pengembangan keterampilan melalui pendidikan non formal yang lebih banyak. Orientasi kerja aparatur pemerintah Kecamatan Samboja dilandasi oleh motif internal yang kuat untuk melaksanakan tugas selaku pelayan masyarakat dan motif eksternal dari organisasi yang cukup baik untuk memotivasi semangat kerja aparatur, namun pencapaian sasaran kerja masih belum dapat terlaksana secara optimal. Perilaku kerja sebagian kecil dari aparatur pemerintah Kecamatan Samboja masih belum sepenuhnya menuju ke arah pencapaian tujuan Program Gerbang Raja sebagaimana yang diharapkan sehingga diperlukan pembinaan dan pemberian motivasi eksternal yang lebih baik.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Prrogram Magister Ilmu Administrasi Negara (MIAN)
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.]: Dr. Djumadi, M.Si dan Prof. Dr. Hj. Nur Fitriyah, MS
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 03/10/2014
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: Artikel Jurnal

Loading

Print Friendly, PDF & Email