Analisis Kinerja Keuangan Dengan Menggunakan Metode Camel Pada PT. Bank Pembangunan Daerah Kalimantan Timur Samarinda (Serinalius)

September 26, 2014
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: Lius, Serina
On: Sep 26, 2014 @ 10:35 AM
IP: 36.78.144.24

  • 1. Title [Judul]: Analisis Kinerja Keuangan Dengan Menggunakan Metode Camel Pada PT. Bank Pembangunan Daerah Kalimantan Timur Samarinda
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Serinalius
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Kinerja Keuangan dan CAMEL
  • 4. Description [Abstrak] : Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah kinerja keuangan pada PT. Bankaltim Cabang Utama Kota Samarinda dengan menggunakan metode CAMEL (Capital, Asset, Management, Earning dan Liquidity) berada pada predikat sehat? Oleh karena itu tujuan yang ingin dicapai adalah untuk menganalisis atau mengetahui kinerja keuangan pada PT. Bankaltim Cabang Utama Kota Samarinda dengan menggunakan metode CAMEL. Sehingga untuk mencapai tujuan tersebut maka digunakan metode analisis CAR, KAP, NIM, ROA, BOPO, dan LDR. Hasil penilaian kinerja keuangan dengan rasio CAMEL yang menunjukan bahwa dilihat dari aspek permodalan yang dimiliki oleh PT. Bankaltim Cabang Utama Kota Samarinda ternyata diatas 8%, sehingga memiliki modal yang cukup untuk menutupi segala risiko yang timbul dari penanaman dana dalam aktiva produktif yang menunjang risiko. Kemudian dilihat dari aspek manajemen yang diukur dengan Net Profit Margin ternyata memenuhi ketentuan dari Bank Indonesia dan selain itu dari aspek earning dan likuiditas yang dicapai oleh PT. Bankaltim sesuai dengan ketentuan Bank Indonesia. Dari hasil akhir penilaian kinerja keuangan dan kaitannya dengan rasio CEMEL, maka dapatlah dikatakan bahwa selama 5 tahun terakhir (tahun 2007-2011) yang menunjukan bahwa kinerja keuangan yang dicapai oleh PT. Bankaltim Cabang Utama Kota Samarinda berada pada predikat sehat.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Ilmu Administrasi Bisnis
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Dr. A. Margono, M.Si dan Dr. Makmur, SE., M.Si
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 26/09/2014
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: eJournal Article

Loading

Print Friendly, PDF & Email