HAMBATAN KOMUNIKASI ANTARBUDAYA MASYARAKAT SUKU FLORES DAN LOMBOK DI DESA BUKIT MAKMUR KECAMATAN KALIORANG KABUPATEN KUTAI TIMUR (FRISCILA FEBRIYANTI)

September 17, 2014
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: ,
On: Sep 17, 2014 @ 3:22 PM
IP: 110.136.194.89

  • 1. Title [Judul]: HAMBATAN KOMUNIKASI ANTARBUDAYA MASYARAKAT SUKU FLORES DAN LOMBOK DI DESA BUKIT MAKMUR KECAMATAN KALIORANG KABUPATEN KUTAI TIMUR
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: FRISCILA FEBRIYANTI
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Hambatan Komunikasi Antarbudaya
  • 4. Description [Abstrak] : Febriyanti Friscila, Hambatan Komunikasi Antarbudaya Masyarakat Suku Flores di Desa Bukit Makmur Kecamatan Kaliorang Kabupaten Kutai Timur, dibimbing oleh Drs. Sugandi, M.Si sebagai dosen pembimbing I dan Rina Juwita sebagai dosen pembimbing II.
    Tujuan dari penelitian ini adalah Untuk mendeskripsikan dan menganalisis Hambatan Komunikasi Antarbudaya dan mengetahui faktor-faktor penghambat Komunikasi Antarbudaya Anatarbudaya Masyarakat Suku Flores di Desa Bukit Makmur Kecamatan Kaliorang Kabupaten Kutai Timur.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif.Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan data sekunder yang berkaitan dengan situasi dan kondisi empiris. Dalam penelitian ini, penulis juga menggunakan penelitian survey, wawancara dan dokumentasi guna memperoleh data primer mengenai Hambatan Komunikasi Antarbudaya Masyarakat suku Flores dan Lombok di Desa Bukit Makmur
    Hasil penelitian menunjukkan bahwa hambatan komunikasi antarbudaya masih sering terjadi karena masing-masing suku masih mengalami kesulitan dalam memahami setiap perbedaan budaya.Hal tersebut dikarenakan kedua suku memiliki sifat dan watak yang sangat keras sehingga kedua suku tesrebut kurang menghargai setiap perbedaan tersebut.Adapun yang menjadi faktor penghambat komunikasi antarbudaya adalah mengenai perbedaan bahasa, kesalahpahaman nonverbal (seperti gesture tubuh, suara dan sebagainya) serta dalam persepsi mereka dalam menilai masing-masing kedua suku tersebut.
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Drs. Sugandi, M.Si & Rina Juwita, S.IP., MHRIR
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 17 September 2014
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: Artikel

Loading

Print Friendly, PDF & Email