KAJIAN BUDAYA KERJA DALAM MENINGKATKAN KINERJA APARATUR PADA BADAN PERENCANAAN PEMBANGUNAN DAERAH KABUPATEN KUTAI BARAT (Christianus Arie Dedy Bang)

September 3, 2014
Filed under: Data Portal Mahasiswa S2 

Data Portal Mahasiswa S2

Submitted by: ,
On: Sep 3, 2014 @ 10:41 AM
IP: 36.82.214.29

  • 1. Title [Judul]: KAJIAN BUDAYA KERJA DALAM MENINGKATKAN KINERJA APARATUR PADA BADAN PERENCANAAN PEMBANGUNAN DAERAH KABUPATEN KUTAI BARAT
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Christianus Arie Dedy Bang
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Budaya Kerja, Kinerja Pegawai
  • 4. Description [Abstrak] : Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis : Kajian Budaya Kerja Dalam Meningkatkan Kinerja Pegawai. Fokus penelitian yang ditetapkan, meliputi Komitmen pegawai dalam melaksanakan tugas, Wewenang dan tanggungjawab atas pekerjaan yang dilakukan, Profesionalisme pegawai dalam melaksanakan tugas, Kreatifitas dan Kepekaan pegawai dalam menghadapi pekerjaan, Ketepatan dan Kecepatan, Disiplin dan Keteraturan kerja, dan Dedikasi & Loyalitas aparatur dalam pekerjaan. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian adalah model interaktif sebagaimana yang dikembangkan Miles dan Huberman.
    Metodologi Penelitan yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Penelitian deskriptif kualitatif bermaksud mendeskripsikan relasi sebuah peristiwa untuk memperoleh gambaran tentang fenomena yang terjadi di objek penelitian. Fokus pengamatan akan diarahkan pada budaya kerja dalam meningkatkan kinerja pegawai pada Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Kutai Barat.
    Hasil penelitian menunjukkan bahwa budaya kerja pegawai di Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Kutai Barat belum diterapkan secara optimal meskipun demikian tindakan yang dilakukan sudah diarahkan pada nilai-nilai atau norma yang berlaku dalam dalam budaya kerja dan secara aplikatif menunjukkan indikasi cukup baik.Kurang optimalnya penerapan budaya kerja dikarenakan kurangnya sosialisasi pada pegawai, baik dari frekuensi maupun media. Internalisasi dan institusinalisasi budaya kerja dari sisi komitmen pegawai dan keteladanan pemimpinan dalam penerapan budaya kerja sudah cukup baik, dinamika kerjasama kelompok meskipun tidak dalam bentuk KBK namun telah mampu menunjukkan hasil yang cukup optimal, sedangkan melalui pendidikan dan latihan masih minim baik dari frekuensi maupun metode.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Prrogram Magister Ilmu Administrasi Negara (MIAN)
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.]: Prof. Dr. Hj. Aji Ratna Kusuma, M.Si dan Drs. Heryono Susilo Utomo, M.Si
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 03/09/2014
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: Artikel Jurnal

Loading

Print Friendly, PDF & Email