PERAN TOKOH ADAT (PEMIMPIN INFORMAL) DALAM PEMBANGUNAN DI DESA LONG BAWAN KECAMATAN KRAYAN KABUPATEN NUNUKAN (Paollo)

September 2, 2014
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: ,
On: Sep 2, 2014 @ 3:08 PM
IP: 36.75.88.80

  • 1. Title [Judul]: PERAN TOKOH ADAT (PEMIMPIN INFORMAL) DALAM PEMBANGUNAN DI DESA LONG BAWAN KECAMATAN KRAYAN KABUPATEN NUNUKAN
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Paollo
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Peran Tokoh Adat (Pemimpin Informal), Pembangunan
  • 4. Description [Abstrak] : Penelitian ini membahas tentang peran dari Kepala Adat sebagai Pembinaan dan memelihara kerukun warga, kemampuan Kepala Adat dalam mengerakkan partisipasi, Tanggung jawab Informal Kepala Adat dalam mengerakkan pembangunan, melestarikan nilai-nilai budaya dan adat istiadat untuk meningkatkan pembangunan desa di Desa Long Bawan berjalan baik, setra menyelenggarakan pemerintahan desa yang sesuai dengan aspirsai masyarakat, serta peningkatan pembangunan yang selalu beorientasi kepada kepentingan umum dan bekerja sama dengan pihak Pemerintah untuk memperlancar dan mempercepat pembangunan desa.
    Penelitian ini dilaksanakan di Lembaga Adat Desa Long Bawan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif, yaitu penelitian yang dilakukan pada kondisi obyek yang alami, data yang dihasilkan bersifat deskriptif dan analisis data dilakukan secara induktif. Pengumpulan data dilakukan dengan penelitian Wawancara, Observasi, dan Dokumentasi.
    Temuan dari penelitian ini bahwa Peran Tokoh Adat (Pemimpin Informal) Dalam Pembangunan di Desa Long Bawan Kecamatan Krayan Kabupaten Nunukan telah melaksanakan tugas dan fungsinya hanya saja dalam melaksanakan perannya terdapat beberapa kendala sehingga perlu dicarikan jalan keluar oleh pemerintah daerah agar pembangunan yang ada di Desa Long Bawan sesuai dengan aspirsai masyarakat, serta peningkatan pembangunan yang selalu beorientasi kepada kepentingan umum.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Ilmu Pemerintahan
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Drs. H. M. Gunthar Riady, M.Si & Mohammad Taufik, S.Sos., M.Si
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 02 September 2014
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: Artikel

Loading

Print Friendly, PDF & Email