PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA DALAM PENERAPAN E-GOVERNMENT DI LINGKUNGAN SEKRETARIAT DAERAH KABUPATEN KUTAI BARAT (Faskalia Viliyanti Eka Fransiska)

September 1, 2014
Filed under: Data Portal Mahasiswa S2 

Data Portal Mahasiswa S2

Submitted by: ,
On: Sep 1, 2014 @ 11:36 AM
IP: 36.82.222.156

  • 1. Title [Judul]: PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA DALAM PENERAPAN E-GOVERNMENT DI LINGKUNGAN SEKRETARIAT DAERAH KABUPATEN KUTAI BARAT
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Faskalia Viliyanti Eka Fransiska
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Pengembangan Sumber Daya Manusia
  • 4. Description [Abstrak] : Faskalia Viliyanti Eka Fransiska, Program Magister Ilmu Administrasi Negara. Tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis Pengembangan Sumber Daya Manusia dalam Penerapan E-Government di Lingkungan Sekretariat Daerah Kabupaten Kutai Barat.
    Fokus penelitian yang ditetapkan.meliputi : Pengembangan kemampuan intelektual, Pengembangan keterampilan dan keahlian,Pengembangan Karier, Pengembangan kemampuan manajeriil, dan Mutasi/Promosi. Sumber data diambil dari informan dan key informan. Sebagai informan adalah statf pelaksana E-govermence dan Kepala bagian dan Kepala Sub Bagian. Sedangkan sebagai key Informan adalah Sekretaris dan para asisten I, II, III Sekretariat Daerah Kabupaten Kutai Barat. Analisis data yang digunakan dalam penelitian adalah model interaktif sebagaimana yang dikembangkan Miles dan Huberman.
    Dari hasil penelitian diperoleh beberapa temuan Pengembangan sumber daya manusia yang dilakukan Sekretariat Daerah Kabupaten Kutai Barat dalam rangka penerapan e-government menunjukkan indikasi cukup baik. Hal tersebut terindikasi oleh bertambahnya pegawai yang memiliki legalitas pendidikan Sarjana dan Magister, legalitas pelatihan sesuai bidang kerjanya. Meski secara faktual pengembangan yang dilakukan lembaga tersebut belum sepenuhnya sesuai kualifikasi yang diharapkan tetapi dari hasil yang dicapai dapat menambah pegawai yang kompeten Dengan bertambahkan kompetensi profesional pegawai dapat mengurangi kesenjangan yang selama ini dikeluhkan. Dengan pengembangan kemampuan sumberdaya manusia melalui jenjang pendidikan dan beberapa jenis pelatihan dapat digunakan sebagai modal kerja untuk meunjang kelancaran tugas. Pengembangan sumberdaya manusia yang dilakukan melalui jalur pendidikan dan pelatihan, baik melalui pelatihan teknis dan pelatihan berbasis e-government ternyata besar kontribusinya untuk menunjang kelancaran tugas dan sekaligus dapat dijadikan sebagai investasi lembaga dalam mengantisipasi beban kerja dan tuntutan masyarakat yang terus berkembang Kurang optimalnya pengembangan sumbersya manusia meliputi Terbatasnya anggaran yang dialokasi untuk pengembangan sumberdaya manusia, Beragamnya kesadaran pegawai, dalam menanggapi pentingnya pengembangkan kemampuan kerja, baik yang dilakukan melalui pendidikan dan berba-gai pelatihan untuk menunjang kelancaran tugas, sehingga hasil yang dicapai kurang memenuhi kualifikasi yang diharpkan, dan terbatasnya lembaga pelatihan yang berkualitas sehingga pelatihan dilakukan diluar daerah Kabupaten Kutai Barat.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Prrogram Magister Ilmu Administrasi Negara (MIAN)
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.]: Dr. Djumadi, M.Si dan Dr. Enos Paselle, M.AP
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 01/09/2014
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: Artikel Jurnal

Loading

Print Friendly, PDF & Email