IMPLEMENTASI KEBIJAKAN e-KTP DALAM MEWUJUDKAN TERTIB ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KEBUPATEN KUTAI BARAT (Bastiar)

August 30, 2014
Filed under: Data Portal Mahasiswa S2 

Data Portal Mahasiswa S2

Submitted by: ,
On: Aug 30, 2014 @ 2:12 PM
IP: 125.160.64.124

  • 1. Title [Judul]: IMPLEMENTASI KEBIJAKAN e-KTP DALAM MEWUJUDKAN TERTIB ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KEBUPATEN KUTAI BARAT
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Bastiar
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: “Implementasi, Kebijakan, e-KTP “
  • 4. Description [Abstrak] : Tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis Implementasi Kebijakan e-KTP Dalam Mewujudkan Tertib Administrasi Kependudukan di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Kutai Barat dan faktor-faktor yang mendukung dan menghambat Implementasi Kebijakan e-KTP Dalam Mewujudkan Tertib Administrasi Kependudukan di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Kutai Barat. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, yaitu memberikan gambaran realita empirik dalam implementasi kebijakan yang berkembang dimasyarakat. Data yang disajikan dalam penelitian ini adalah data primer dan sekunder, yaitu data yang diperoleh langsung dari lapangan atau tempat penelitian dan dari dokumen-dokumen resmi, media cetak dan media elektronik seperti internet. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan data kualitatif dengan terjun langsung kelapangan untuk wawancara, pengamatan, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian adalah model interaktif yang dikembangkan Miles & Huberman.
    Dari hasil temuan di objek penelitian menunjukkan bahwa Implementasi Kebijakan e-KTP di Dinas kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Kutai Barat telah dilaksanakan sesuai mekanisme yang ditentukan, tetapi dalam pelaksanaannya kurang optimal. Kurang optimalnya implentasi kebijakan e-KTP di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil di Kabupaten Kutai Barat disebabkan oleh terbatasnya alternatif dan metode Sosialisasi dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil hanya mengandalkan sosialisasi tatap muka dan baliho, tidak menggunakan media yang lain seperti menggunakan radio, dan leaflet. Kendala teknis seperti kerusakan pada sistem operasinal komputer perekaman dan Kendala non teknis di lokasi penelitian seperti lemahnya jaringan internet dan rusaknya perangkat/komponen komputer (hardware) sehingga pelayanan e-KTP mengalami penundaan, Sering terjadi pemadaman listrik di Kabupaten Kutai Barat, mengakibatkan proses pendataan dan perekaman data e-KTP mengalami penundaan, serta masih terkonsentrasinya penerbitan e-KTP di pusat sehingga lambat masyarakat menerima fisik e-KTP.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Prrogram Magister Ilmu Administrasi Negara (MIAN)
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.]: Prof. Dr. H. Sutadji M,MM dan Dr. Bambang Irawan, M.Si
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 30/08/2014
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: Artikel Jurnal

Loading

Print Friendly, PDF & Email