STUDI TENTANG SOLIDARITAS SOSIAL DI DESA MODANG KECAMATAN KUARO KABUPATEN PASER (BURUH BONGKAR ,UATAN KELAPA SAWIT) (M. RAHMAT BUDI NURYANTO)

August 30, 2014
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: ,
On: Aug 30, 2014 @ 12:08 PM
IP: 110.139.150.204

  • 1. Title [Judul]: STUDI TENTANG SOLIDARITAS SOSIAL DI DESA MODANG KECAMATAN KUARO KABUPATEN PASER (BURUH BONGKAR ,UATAN KELAPA SAWIT)
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: M. RAHMAT BUDI NURYANTO
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Deskriptif Kualitatif, Solidaritas Sosial, Buruh Bongkar Muatan
  • 4. Description [Abstrak] : M. Rahmat Budi Nuryanto 2014, “Studi Tentang Solidaritas di Desa Modang Kecamatan Kuaro Kabupaten Paser (Kasus Kelompok Buruh Bongkar Muatan)”. S1 Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Mulawarman. Di bawah bimbingan Prof. Dr. Hj. Hartutiningsih, MS dan Drs. Sugandi, M.Si..
    Solidaritas sosial merupakan salah satu hubungan kebersamaan antar individu atau kelompok yang di dasarkan pada perasaan moral dan kepercayaan yang di anut bersama dan di perkuat oleh pengalaman emosional bersama. Solidaritas di bagi atas dua bagian yaitu solidaritas mekanik adalah ikatan yang mempersatukan individu dengan adanya kesadaran kolektif yang tinggi sehingga individu saling menyerupai satu sama lain, sedangkan solidaritas organik adalah di tandai dengan heterogenitas dan individualitas yang semakin tinggi bahwa individu berbeda satu sama lain.
    Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, lokasi penelitian di Pabrik Sawit PT. Harapan Sawit Sejahterah, Desa Modang Kecamatan Kuaro Kabupaten Paser. Pengumpulan data di lakukan dengan penelitian kepustakaan, observasi, wawancara mendalam, dan teknik dokumentasi. Narasumber pada penelitian ini terdiri dari Ketua Kelompok Buruh Bongkar Muatan, anggota Buruh Bongkar Muatan, supir dan beberapa karyawan di PT. Harapan Sawit Sejahterah. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan cara pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan atau verifikasi data.
    Hasil penelitian menunjukan bahwa adanya hubungan solidaritas sosial organik maupun solidaritas sosial mekanik yang terjadi di Kelompok Buruh Bongkar Muatan tersebut. Tetapi dalam penelitian ini solidaritas sosial organik yang lebih menonjol karena terdapat persaingan dan pembagian kerja yang tinggi dan kegiatan buruh yang mereka lakukan per individu tidak adanya pengelompokan dalam kegiatan buruh dan persaingan tersebut mereka lakukan dengan baik tidak adanya masalah di setiap kegiatan buruh karena adanya kerjasama yang baik yang terjalin di setiap Buruh Bongkar Muatan.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Pogram Studi/Konsentrasi Sosiologi
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Prof. Dr. Hj. Hartutiningsih, MS dan Drs. Sugandi, M.Si
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 15 AGUSTUS 2014
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: Jurnal

Loading

Print Friendly, PDF & Email