PENDIDIKAN DAN PELATIHAN GURU DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PENDIDIKAN DI SMP NEGERI 27 SENDAWAR KABUPATEN KUTAI BARAT (Kornelius)

August 29, 2014
Filed under: Data Portal Mahasiswa S2 

Data Portal Mahasiswa S2

Submitted by: ,
On: Aug 29, 2014 @ 8:41 AM
IP: 180.248.75.46

  • 1. Title [Judul]: PENDIDIKAN DAN PELATIHAN GURU DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PENDIDIKAN DI SMP NEGERI 27 SENDAWAR KABUPATEN KUTAI BARAT
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Kornelius
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Pendidikan dan Pelatihan, Kualitas, Guru, SMP Negeri 27 Sendawar.
  • 4. Description [Abstrak] : Tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis Pendidikan dan Pelatihan Guru Dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan di SMP Negeri 27 Sendawar Kabupaten Kutai Barat. Adapun analisis data yang digunakan adalah model interaktif sebagaimana yang dikembangkan Miles dan Huberman.
    Dari hasil temuan di objek penelitian menunjukkan bahwa Pendidikan dan pelatihan guru yang dilakukan Sekolah Menengah Pertama Negeri 27 Sendawar Kabupaten Kutai Barat, mampu meningkatkan keterampilan dan keahlian para guru di lembaga tersebut. Hal tersebut dapat dikatahui dari jumlah guru yang memiliki legalitas pelatihan sesuai mata pelajaran yang dibinanya. Meskipun upaya yang dilakukan belum sepenuhnya dapat mengakomodasi semua guru untuk mengikuti pelatihan, tetapi dari tindakan yang dilakukan dapat meningkatkan kompetensi sebagian besar guru. Terindikasi oleh berbagai legalitas pelatihan. yang dimiliki guru, pelatihan manajemen sekolah, pelatihan pembinaan kesiswaan, pelatihan karya tulis ilmiah, pelatihan teknis berbasis kompetensi, maupun dalam bentuk penataran lainnya .Manfaat yang dirasakan bukan hanya untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan dan keahlian, tetapi dapat menambah wawasan berpikir para guru dalam menghadapi proses belajar mengajar disisi lain dapat dijadikan sebagai investasi lembaga untuk meningkatkan kualitas pendidikan di lembaga pendidikan tersebut. Disamping itu dengan diberikan pendidikan dan pelatihan dapat memacu semangat kerja guru-guru dalam meningkatan kualitas pendidikan dan hal tersebut dapat dilihat dari dua aspek: yaitu, (1) kecakapan dan pengetahuan tentang pekerjaan; serta (2) tingkat kematangan berpikir dalam menghadapi pekerjaan dan kejiwaan.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Prrogram Magister Ilmu Administrasi Negara (MIAN)
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.]: Dr. A. Margono, M.Si dan Prof. Dr. Hj. Hartutiningsih, MS
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 29/08/2014
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: Artikel Jurnal

Loading

Print Friendly, PDF & Email