MANAJEMEN KEARSIPAN DALAM MENINGKATKAN PELAYANAN PUBLIK DI KANTOR KORPS PEGAWAI REPUBLIK INDONESIA (KORPRI) KABUPATEN KUTAI BARAT (Maslina Neri)

August 28, 2014
Filed under: Data Portal Mahasiswa S2 

Data Portal Mahasiswa S2

Submitted by: ,
On: Aug 28, 2014 @ 1:20 PM
IP: 36.83.33.173

  • 1. Title [Judul]: MANAJEMEN KEARSIPAN DALAM MENINGKATKAN PELAYANAN PUBLIK DI KANTOR KORPS PEGAWAI REPUBLIK INDONESIA (KORPRI) KABUPATEN KUTAI BARAT
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Maslina Neri
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Manajemen Kearsipan, Arsiparis, Pelayanan Publik, Korpri.
  • 4. Description [Abstrak] : Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan manajemen kearsipan yang dilaksanakan serta untuk menganalisis sejumlah faktor-faktor pendukung dan penghambat manajemen kearsipan dalam meningkatkan pelayanan publik pada Kantor Korpri Kabupaten Kutai Barat.
    Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Manajemen kearsipan pada Kantor Korpri Kabupaten Kutai Barat belum dilaksanakan secara baik sesuai dengan ketentuan pengelolaan arsip yang benar sebab masih memiliki keterbatasan dalam hal ketersediaan pengelola arsip atau arsiparis yang memenuhi kualifikasi di bidang kearsipan dan belum lengkapnya fasilitas kearsipan yang tersedia. Pengelola arsip saat ini belum menjalani pendidikan manajemen kearsipan dan belum banyak mengikuti kegiatan pelatihan maupun bimbingan teknis bidang kearsipan. Fasilitas kearsipan yang tersedia pun baru sebatas alat-alat penerimaan surat, alat-alat korespondensi dan alat-alat penyimpanan arsip. Sementara fasilitas pendukung seperti ruang penyimpanan arsip beserta kondisinya yang memadai untuk menjamin keamanan arsip belum tersedia akibat memandang belum banyaknya arsip yang perlu dikelola secara sistematis. 2) Ketersediaan lemari arsip sebagai sarana kearsipan dan ketekunan pengelola arsip serta adanya penganggaran untuk pemeliharaan arsip dianggap sebagai faktor pendukung manajemen kearsipan dalam peningkatan pelayanan publik. Padahal ketersediaan tersebut masih sangat minim untuk penyelenggaraan manajemen kearsipan yang sesungguhnya. 3) Manajemen kearsipan pada Kantor Korpri Kabupaten Kutai Barat terhambat oleh belum tersedianya sarana kearsipan dan kompetensi pengelola arsip yang memadai, serta masih terbatasnya kegiatan bimbingan teknis bidang kearsipan yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kabupaten serta status bangunan kantor yang masih mengontrak.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Prrogram Magister Ilmu Administrasi Negara (MIAN)
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.]: Prof. Dr. H. Sutadji M, MM dan Dr. H. Jamal Amin, M.Si
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 28/08/2014
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: Artikel Jurnal

Loading

Print Friendly, PDF & Email