SINERGI CAMAT DAN UPT DINAS PERTANIAN DALAM PENINGKATAN PEREKONOMIAN MASYARAKAT TANI DI KECAMATAN SAMBOJA KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA (ASRI ROSLIA WARDANI )

July 23, 2014
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: ,
On: Jul 23, 2014 @ 10:34 PM
IP: 36.82.222.178

  • 1. Title [Judul]: SINERGI CAMAT DAN UPT DINAS PERTANIAN DALAM PENINGKATAN PEREKONOMIAN MASYARAKAT TANI DI KECAMATAN SAMBOJA KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: ASRI ROSLIA WARDANI
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: sinergi, peningkatan perekonomian, masyarakat tani, Camat, UPT Dinas Pertanian,
  • 4. Description [Abstrak] : Penelitian ini membahas tentang sinergi Camat dan UPT Dinas Pertanian dalam peningkatan perekonomian masyarakat tani di Kecamatan Samboja Kabupaten Kutai Kartanegara, yang bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis mengenai sinergi Camat dan UPT Dinas Pertanian dalam kerjasamanya mengembangkan sektor pertanian di Samboja sehingga dapat meningkatkan produktivitas dan pendapatan seluruh masyarakat tani di Kecamatan Samboja Kabupaten Kutai Kartanegara.
    Penelitian ini dilaksanakan di Kecamatan Samboja Kabupaten Kutai Kartanegara. Analisis data diawali dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumen yang berkaitan dengan penelitian, dengan menentukan pihak-pihak yang menjadi narasumber Purposive Sampling untuk mendapatkan data yang jelas dan akurat mengenai sinergi Camat dan UPT Dinas Pertanian dalam peningkatan perekonomian masyarakat tani melalui saling bekerjasama, saling mendukung, dan bersama-sama memberikan pengawasan terhadap sektor pertanian di Samboja. Data-data kemudian dianalisis dengan analisis kualitatif.
    Hasil penelitian menunjukkan bahwa Camat dan UPT Dinas Pertanian telah bersinergi dalam peningkatan perekonomian masyarakat tani di Samboja yang dapat dilihat melalui indikator saling bekerjasama antara Camat dan UPT Dinas Pertanian dalam menyediakan bantuan fasilitas utama dan fasilitas pendukung pertanian seperti alat mesin pertanian, jalan usaha tani dan lain-lain, terjalin situasi saling mendukung antara aparatur perangkat Kecamatan dan UPT Dinas Pertanian dengan saling melengkapi program kegiatan pembangunan pertanian seperti pemberian sosialisasi dan lain sebagainya, serta bersama-sama memberikan pengawasan kegiatan pertanian sehingga tercipta situasi kondusif dan terkoordinasi dengan baik antara Camat dan UPT Dinas Pertanian dengan Masyarakat tani dalam kegiatan pembangunan pertanian di Kecamatan Samboja Kabupaten Kutai Kartanegara.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Ilmu Pemerintahan
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Dr. Phil. I Ketut Gunawan, M.A & Budiman S.IP, M.Si
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 22 juli 2014
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: ARTIKEL

Loading

Print Friendly, PDF & Email