PROFESIONALISME APARATUR DALAM UPAYA MENINGKATKAN PELAYANAN PUBLIK PADA DINAS PERTAMBANGAN DAN ENERGI KABUPATEN KUTAI BARAT (Merry Elvinasari M)

July 23, 2014
Filed under: Data Portal Mahasiswa S2 

Data Portal Mahasiswa S2

Submitted by: ,
On: Jul 23, 2014 @ 12:51 PM
IP: 36.75.40.26

  • 1. Title [Judul]: PROFESIONALISME APARATUR DALAM UPAYA MENINGKATKAN PELAYANAN PUBLIK PADA DINAS PERTAMBANGAN DAN ENERGI KABUPATEN KUTAI BARAT
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Merry Elvinasari M
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Profesionalisme Aparatur
  • 4. Description [Abstrak] : Abstrak
    Tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis Profesionalisme Aparatur Dalam Upaya Meningkatkan Pelayanan Publik Pada Dinas Pertambangan dan Energi Kabupaten Kutai Barat.
    Hasil temuan di objek penelitian menunjukkan bahwa Peningkatan profesionalisme aparatur pada Dinas Pertambangan dan Energi Kabupaten Kutai Barat belum semua aparatur memenuhi kualifikasi yang diharapkan, baik ditinjau dari tingkat pendidikan, keterapilan dan keahlian, maupun penempatan kerja. Tetapi secara faktual mengindikasikan bahwa sebagian besar aparatur memenuhi kriteria yang dipersyaratkan dalam profesionalisme aparatur. Profesionalisme aparatur ditinjau dari segi tingkat pendidikan, keterampilan dan keahlian, termasuk cukup baik sebab sebagian besar aparatur selaras antara kapasitas dan kompetensi aparatur dengan bidang kerjanya. Demikian pula dalam penempatan aparatur, sebagian besar telah tersusun sesuai kapasitas dan kompetensi aparatur sehingga mampu memberikan kontribusi yang berarti untuk kelancaran pelayanan pada publik. Demikian pula tanggung jawab pegawai terhadap pekerjaan yang dipercayakan juga mengindikasikan cukup baik. Penarapan profesionalisme aparatur di Dinas Pertambangan dan Energi Kabupaten Kutai Barat terkendala oleh beberapa faktor diantaranya beragamnya kesadaran aparatur untuk meningkatkan kapasitas dan kompetensi profesional, keanekaragaman aparatur dalam meningkatkan kecakapan dan keterampilan, system penerimaan aparatur tidak selalu menggunakan pendekatan merit system, sehingga pegawai yang dihasilkan justru terlepas dari kebutuhan organisasi, dan disamping terbatasnya alokasi anggaran untuk mengembangkan kompetensi profesional.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Prrogram Magister Ilmu Administrasi Negara (MIAN)
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.]: Dr Djumadi,M.Si dan Prof Dr H Masjaya,M.Si
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 23/07/2014
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: Artikel Jurnal

Loading

Print Friendly, PDF & Email