PERAN ARSIPARIS DALAM MENGELOLA ARSIP PADA BADAN ARSIP DAERAH PROVINSI KALIMANTAN TIMUR DI SAMARINDA (Elisha Primavera Senqlyasharie)

July 22, 2014
Filed under: Data Portal Mahasiswa S2 

Data Portal Mahasiswa S2

Submitted by: ,
On: Jul 22, 2014 @ 1:23 PM
IP: 36.82.213.38

  • 1. Title [Judul]: PERAN ARSIPARIS DALAM MENGELOLA ARSIP PADA BADAN ARSIP DAERAH PROVINSI KALIMANTAN TIMUR DI SAMARINDA
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Elisha Primavera Senqlyasharie
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Peran Arsiparis, Arsip, Pengelolaan Arsip, Samarinda
  • 4. Description [Abstrak] : Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan bagaimana peran arsiparis dalam mengelola arsip pada Badan Arsip Daerah Provinsi Kalimantan Timur di Samarinda. Fokus-fokus penelitian dalam penelitian ini adalah : 1)Peran arsiparis dalam mengelola arsip: arsip dinamis dan statis, 2)Faktor pendukung dan pengahambat dalam mengelola arsip.
    Dari hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa Peran arsiparis dalam mengelola arsip dinamis sudah berjalan dengan baik, walaupun masih ada beberapa boks arsip inaktif yang masih ada di ruang kerja. Sedangkan untuk pengelolaan arsip statis secara keseluruhan juga telah dijalankan sesuai dengan PP No. 28 Tahun 2012 walapun masih banyak menghadapi beberapa masalah dalam penerapannya. Masih banyaknya arsip kacau yang belum di verifikasi dan masih ada beberapa fasilitas penunjang dalam mengelola arsip statis yang belum dimiliki. Faktor Pendukung dan Penghambat dalam mengelola arsip pada Badan Arsip Daerah Provinsi Kalimantan Timur adalah tersedianya alokasi anggaran untuk dipergunakan dalam kegiatan pengelolaan arsip, namun dana yang diterima masih sangat terbatas. Tersedianya tenaga arsiparis juga masih sangat kurang sehingga masih banyak arsip yang belum dikelola dengan baik. Untuk fasilitas-fasilitas penunjang seperti boks arsip, map dan depo arsip yang sudah tersedia sesuai dengan kebutuhan, namun ada pula beberapa fasilitas yang belum memadai seperti alat alih media arsip, peta arsip, dan jaringan komputer terkoneksi. Untuk itu kemudian disarankan pelatihan dan pendidikan untuk menciptakan tenaga arsiparis, perlu adanya pengalih median arsip dari arsip fisik menjadi arsip digital, perlu adanya suatu jaringan komputer yang terkoneksi antar bidang, dan disarankan untuk seluruh arsiparis agar aktif dalam melakukan kegiatan pengelolaan arsip secara langsung.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Prrogram Magister Ilmu Administrasi Negara (MIAN)
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.]: Dr. H. Jamal Amin, M.Si dan Dr. H. Achmad Djumlani, M.SI
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 22/07/2014
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: Artikel Jurnal

Loading

Print Friendly, PDF & Email