Strategi Komunikasi Penerangan Kodam VI/Mulawarman Dalam Mendukung Peningkatan Citra TNI AD di Wilayah Kodam VI/Mulawarman (Baharuddin)

July 22, 2014
Filed under: Data Portal Mahasiswa S2 

Data Portal Mahasiswa S2

Submitted by: ,
On: Jul 22, 2014 @ 9:13 AM
IP: 125.160.67.159

  • 1. Title [Judul]: Strategi Komunikasi Penerangan Kodam VI/Mulawarman Dalam Mendukung Peningkatan Citra TNI AD di Wilayah Kodam VI/Mulawarman
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Baharuddin
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Strategi, Komunikasi, Citra, Penerangan, Fungsi, Kepercayaan, Konsep.
  • 4. Description [Abstrak] : Ketika gelombang reformasi digulirkan para mahasiswa, TNI (waktu itu ABRI) menjadi sasaran utama kaum reformis. Meskipun reformasi waktu itu awalnya diarahkan untuk menurunkan presiden, tetapi perkembangan selanjutnya, juga menuntut “perombakan” dalam tubuh TNI, yang kemudian dikenal dengan reformasi internal TNI.
    Upaya membangun citra yang dilaksanakan para pejabat Penerangan TNI sebagai ujung tombak, mulai mampu mendongkrak citra TNI. Ini dapat dilihat dalam beberapa dekade dan even kegiatan, prajurit TNI mulai bisa membaur dan bahkan mereka juga diterima masyarakat.
    Penerangan Kodam VI/Mulawarman sebagai bagian Penerangan TNI tentunya mempunyai fungsi yang sangat strategis dan diharapkan mampu dan efektif mengembalikan citra dan kepercayaan masyarakat serta merumuskan, menjabarkan, mengkomunikasikan visi dan misi TNI AD secara internal dan eksternal.
    Secara umum dari hasil penelitian ini ditemukan belum sejauh ini strategi dan manajemen Pendam VI/Mulawarman dalam membangun citra TNI AD di wilayah Kodam VI/Mulawarman belum berjalan sebagaimana mestinya, karena faktor-faktor pendukung yang menghambat, selain itu pemahaman konseptual dan operasional kehumasan baik terhadap pimpinan sampai ke bawah belum sepenuhnya benar.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Prrogram Magister Ilmu Administrasi Negara (MIAN)
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.]: Dr. HM. Jamal Amin, M.Si dan Dr. H. Achmad Djumlani, M.Si
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 22/07/2014
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: Artikel Jurnal

Loading

Print Friendly, PDF & Email