STUDI TENTANG RELOKASI PASAR MELEO BARONG TONGKOK PASCA TERJADINYA KONFLIK DI KABUPATEN KUTAI BARAT (Maulida Farthya)

July 20, 2014
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: ,
On: Jul 20, 2014 @ 3:03 AM
IP: 112.215.36.145

  • 1. Title [Judul]: STUDI TENTANG RELOKASI PASAR MELEO BARONG TONGKOK PASCA TERJADINYA KONFLIK DI KABUPATEN KUTAI BARAT
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Maulida Farthya
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Relokasi, Pasar Meleo Barong Tongkok, Pedagang, Daerah Jaras
  • 4. Description [Abstrak] : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan relokasi Pasar Meleo Barong Tongkok pasca terjadinya konflik di Kabupaten Kutai Barat, terutama proses relokasi Pasar Meleo Barong Tongkok, isu-isu resistensi yang terjadi dalam proses relokasi Pasar Meleo Barong Tongkok dan Upaya pemerintah dalam mengatasi isu resistensi tersebut serta Faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan relokasi Pasar Meleo Barong Tongkok.
    Lokasi penelitian dilakukan di Kelurahan Barong Tongkok Kecamatan Barong Tongkok Kabupaten Kutai Barat. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, observasi, dokumentasi dan penelitian kepustakaan. Narasumber pada penelitian ini adalah sebanyak 6 (enam) orang yang terdiri dari Kepala Bidang Bagian Perdagangan di Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan UKM (DISPERINDAGKOP), Kasi Pemberdayaan Masyarakat dan Kampung (PMK) Kecamatan Barong Tongkok, Lurah Kelurahan Barong Tongkok, dan 5 orang pedagang Pasar Meleo Barong Tongkok. Analisis data dilakukan dengan cara pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi data.
    Hasil penelitian dari penelitian ini adalah proses relokasi Pasar Meleo Barong Tongkok pasca musibah terbakarnya Pasar Meleo Barong Tongkok membuat Pemerintah mengambil kebijakan untuk membangun kembali pasar yang telah terbakar, tetapi pembangunannya tidak dilakukan di tempat semula melainkan direlokasikan ke lokasi di lain yaitu di Perumahan Sendawar Permai atau di daerah jaras, hal ini dikarenakan tanah di lokasi sebelumnya statusnya masih merupakan tanah sengketa. Penelusuran lebih jauh menemukan bahwa setelah Pasar Meleo Barong Tongkok direlokasikan ke daerah Jaras tingkat pendapatan pedagang menurun, hal ini dikarenakan letak Pasar Jaras cukup jauh dari jalan raya, dan adanya pasar-pasar yang di bangun oleh pihak swasta (pasar di depan Polres dan pasar di Simpang Raya) sehingga membuat pasar di Jaras sepi pembeli dan memecah konsentrasi Perdagangan di Kecamatan Barong Tongkok.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program S1 Pemerintahan Integratif (PIN)
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Drs. H. Burhanuddin, M.Si dan Dra. Rita Kalalinggi, M.Si
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 19 juli 2014
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: doc

Loading

Print Friendly, PDF & Email