INTERAKSI SOSIAL ORANG DENGAN HIV/AIDS DIBAWAH NAUNGAN LEMBAGA ADVOKASI DAN REHABILITASI SOSIAL KOTA SAMARINDA (DURIAH )

April 14, 2014
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: ,
On: Apr 14, 2014 @ 1:34 PM
IP: 36.83.35.196

  • 1. Title [Judul]: INTERAKSI SOSIAL ORANG DENGAN HIV/AIDS DIBAWAH NAUNGAN LEMBAGA ADVOKASI DAN REHABILITASI SOSIAL KOTA SAMARINDA
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: DURIAH
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Interaksi Sosial, ODHA, HIV/AIDS
  • 4. Description [Abstrak] : ODHA atau Orang Dengan HIV/AIDS cenderung mengalami permasalahan dalam berinteraksi sosial dengan masyarakat, karena penyakit HIV/AIDS merupakan penyakit paling ditakuti oleh seluruh masyarakat di dunia, hingga pada umumnya masyarakat akan menghindar atau menjauhi kontak sosial dengan ODHA. Hal tersebut membuat penulis tertarik untuk meneliti interaksi sosial ODHA. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif yaitu berupa kata-kata tertulis maupun lisan yang berasal dari orang-orang dan pelaku yang diamati yaitu mengamati prilaku interaksi sosial ODHA terhadap orang-orang yang berada disekitarnyndaa. Lembaga Advokasi dan Rehabilitasi Sosial kota samarinda merupakan lokasi utama penelitian ini, selain itu lingkungan tempat tinggal para ODHA yang terdaftar di Lembaga Advokasi dan Rehabilitasi Sosial kota Samarinda dijadikan lokasi kedua.
    Hasil dari penelitian ini adalah interaksi sosial yang dialami ODHA lebih bersifat asosiatif dari pada disasosiatif. Hal tersebut dibuktikan dengan pergaulan ODHA yang memenuhi semua ciri dari Interaksi Sosial Asosiatif, yakni ODHA dapat dapat bekerja sama, berasimilasi, terakomodasi dan berakulturasi dengan baik dengan semua lapisan masyarakat, baik keluarga, relasi, teman dan orang-orang yang ada di lingkungan tempat tinggal mereka, sikap disasosiatif yang ditunjukkan masyarakat terhadap ODHA terjadi pada mulanya saja
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Sosiatri
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Drs. Martinus Nanang, MA. & Dra. Lisbet Situmorang, M.Si.
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 14 April 2014
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: Article

Loading

Print Friendly, PDF & Email